3 Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan

Berita226 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMinyak jarak, atau juga disebut sebagai ricinus oil atau castor oil, merupakan minyak lemak yang tidak mudah menguap yang diperoleh dari biji-biji tumbuhan jarak.

Minyak jarak, menurut Britannica bersifat kental, jernih, dan tidak berwarna hingga kuning atau kehijauan.

Minyak ini memiliki bau khas yang samar. Minyak ini diperoleh dari biji jarak, baik dengan pengepresan maupun dengan ekstraksi pelarut. Minyak ini, digunakan dalam produksi resin sintetis, plastik, serat, cat, pernis, dan berbagai bahan kimia termasuk minyak pengering dan pemlastis. Biji dan minyak jarak diproduksi terutama oleh India dan Brasil dan dikonsumsi terutama di Amerika Serikat, sebagian besar di industri.

Selain penggunaan yang telah disebutkan di atas, minyak jarak dan turunannya digunakan dalam kosmetik, minyak rambut, senyawa fungistatik (penghambat pertumbuhan jamur), cairan pembalseman, tinta cetak, sabun, pelumas, minyak dan cairan hidrolik, alat bantu pencelupan, dan bahan finishing tekstil.

Selain penggunaan industri tadi, minyak jarak mungkin memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Dilansir dari Healthline, berikut adalah tiga manfaat minyak jarak bagi kesehatan manusia.

1. Obat Pencahar

Mungkin salah satu penggunaan obat yang paling terkenal untuk minyak jarak adalah sebagai pencahar alami. Minyak jarak diklasifikasikan sebagai pencahar stimulan yang berarti meningkatkan pergerakan otot-otot yang mendorong material melalui usus yang membantu membersihkan usus.

Obat pencahar stimulan bekerja dengan cepat dan biasanya digunakan untuk meredakan sembelit sementara atau untuk membersihkan usus sebelum prosedur medis. Namun, meskipun minyak jarak dianggap aman dalam dosis kecil, jumlah yang lebih besar dapat menyebabkan kram perut, mual, muntah, dan diare.

Meskipun dapat digunakan untuk meredakan sembelit sesekali, minyak jarak tidak direkomendasikan sebagai pengobatan untuk masalah kesehatan jangka panjang. Selain itu, pastikan untuk berbicara dengan ahli kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi mereka sebelum menggunakan minyak jarak untuk mengobati sembelit.

Baca Juga  Tiru Gaya Jokowi di Pilpres 2019, Prabowo akan Rangkul Rival Politik jika Menang Pilpres 2024

2. Pelembab Alami

Iklan

Minyak jarak kaya akan asam risinoleat, asam lemak tak jenuh tunggal. Jenis lemak ini dapat digunakan untuk melembabkan kulit. Lemak ini bertindak sebagai pelembab oklusif, yang mencegah atau mengurangi kehilangan air melalui lapisan luar kulit.

Minyak jarak digunakan dalam kosmetik untuk meningkatkan hidrasi. Produsen sering menambahkannya ke produk seperti lotion, makeup, dan pembersih. Namun, Anda juga dapat menggunakan minyak yang kaya ini sendiri sebagai alternatif alami untuk pelembab dan losion yang dibeli di toko.

Banyak produk pelembab populer yang ditemukan di toko-toko mengandung bahan-bahan yang berpotensi berbahaya seperti pengawet, parfum, dan pewarna, yang dapat mengiritasi kulit dan membahayakan kesehatan secara keseluruhan.

Mengganti produk-produk ini dengan minyak jarak dapat membantu mengurangi paparan Anda terhadap zat-zat tambahan ini. Ditambah lagi, minyak jarak tidak mahal dan Anda dapat menggunakannya pada wajah dan tubuh Anda.

3. Dapat Meningkatkan Penyembuhan Luka

Mengoleskan minyak jarak pada luka akan menciptakan kondisi kulit yang lembab yang dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mencegah luka mengering. Beberapa salep populer yang digunakan dalam ranah klinis, menggunakan minyak jarak dalam produknya.

Penelitian telah menemukan bahwa salep yang mengandung minyak jarak mungkin efektif untuk mengobati sejumlah luka yang berbeda. Dalam sebuah studi kasus tahun 2013, pengobatan dengan semprotan yang mengandung kombinasi balsam Peru, minyak jarak, dan enzim yang disebut tripsin membantu menyembuhkan luka bedah perut pada pria berusia 81 tahun yang tidak dapat mentolerir bentuk terapi topikal lainnya.

Perlu diingat bahwa perawatan luka topikal minyak jarak mengandung kombinasi bahan, bukan hanya minyak jarak. Anda tidak boleh mengoleskan minyak jarak pada luka apa pun tanpa memeriksakan diri ke ahli kesehatan terlebih dahulu.

Baca Juga  Dosen Untidar Magelang Tri Retno Setiyawati Viral, Kecantikannya Bikin Para Mahasiswa Gagal Fokus

BRITANNICA | HEALTHLINE
Pilihan editor: Ketahui Tanaman Jarak dan Minyak Jarak



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *