Anggaran Rp400 Triliun, Prabowo-Gibran Buka Opsi Gandeng Warteg untuk Program Makan Siang Gratis

Berita139 Dilihat

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

WARTAKOTALIVE.COM – Pasangan calon (Paslon) Pilpres 2024 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming buka opsi gandeng warung tegal (Warteg) dalam program makan siang gratis.

Opsi kerjasama dengan Warteg itu diungkapkan Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ahmad Muzani seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Ahmad Muzani menegaskan program makan siang gratis yang diusung Capres Prabowo Subianto bukan proyek yang akan dilakukan secara top down.

Namun demikian, lanjut dia, program tersebut adalah upaya untuk meningkatkan perekonomian lokal. Ia mengatakan sayur, beras, minyak, telur, daging, susu itu diharapkan dapat disediakan dari kawasan sekitar.

Dengan demikian, kata dia, ekonomi lokal diharapkan bisa tumbuh berkembang setiap hari pada hari-hari sekolah.

Selain itu, kata dia, misi tersebut adalah untuk meningkatkan gizi dan pemberantasan berbagai macam masalah akibat penyakit kekurangan gizi.

Hal tersebut disampaikannya usai acara Deklarasi Warga Tegal Relawan Jakwire Prabowo Gibran di Gedung Joeang ’45 Menteng Jakarta Pusat pada Minggu (10/12/2023).

“Karena ini misi dan program ini bukan proyek yang akan dilakukan secara top down dari pusat ke bawah,” kata Muzani.

Muzani juga membuka peluang untuk menggandeng pengusaha Warung Tegal (warteg) dalam program makan siang gratis tersebut.

Baca juga: Prabowo Janji akan Ciptakan Lapangan Kerja, Pemberian Makan Siang dan Susu untuk Anak-anak Indonesia

Namun demikian, ia mengakui hal tersebut belum masuk ke dalam perencanaan terkait program makan siang gratis Prabowo.

“Perencanaannya belum sampai di situ, tetapi harapan Pak Prabowo begini. Program makan siang gratis akan meningkatkan perekonomian lokal, di mana ada sekolah, ada pondok pesantren, ada SMA, SMP, SD atau TK maka ekonomi kawasan akan menjadi berkembang,” kata dia.

Baca Juga  Kata Golkar Soal Presidential Club Ala Prabowo Subianto, Mampu Persatukan Presiden Terdahulu

Sebelumnya Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto menyadari program makan siang dan susu gratis yang menjadi kampanyenya menuai kritik.

Salah satunya karena anggaran yang mencapai Rp400 triliun.

Diketahui dana program makan siang gratis yang menjadi visi misi Prabowo-Gibran rencananya berasal dari realokasi dana bantuan sosial, pendidikan, hingga kesehatan.

Sekretaris Jenderal Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan bahwa sumber dana ratusan triliun itu akan didapat dari pengalihan dana-dana pada pos APBN.

“Sumbernya ya dari refocusing dan realokasi uang fungsi pendidikan, perlindungan sosial dan dana kesehatan. Tergantung pada segmentasi orang bersangkutan,” tuturnya di Jakarta, Kamis (28/11/2023).

Nusron optimistis anggaran Rp400 triliun per tahun tersebut bisa melindungi 82,9 juta ibu dan anak yang bakal menerima manfaat makan siang dan susu gratis di Indonesia.

(Wartakotalive.com/DES/Tribunnews.com)



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *