Cerita Unik dan Tantangan Segara Remajakan Lagu-lagu Chrisye di Album Perdananya

Berita242 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSolois Segara membagikan pengalamannya menyanyikan ulang lagu-lagu Chrisye dengan format yang lebih kekinian. Sebanyak 10 lagu yang menjadi sountrack film Gita Cinta dari SMA dan Puspa Indah Taman Hati mendatang, masuk dalam album perdananya yang berjudul Segara: Tentang Galih dan Ratna.

“Gita Cinta dari SMA itu seluruh soundtrack-nya pada saat dulu (tahun 80-an) dinyanyiin sama almarhum Om Chrisye. Saat itu (tahun lalu) aku diajak untuk isi seluruh soundtrack yang ada di film ini. Awalnya sih soundtrack doang bilangnya, setelah aku iyakan ternyata aku mengisi seluruh soundtrack yang ada di film ini sekaligus mengisi suara tokoh utamanya di dalam film ini,” kata Segara saat datang ke Kantor Tempo di Palmerah, Jakarta Selatan, Jumat, 11 Agustus 2023.

Pria bernama lengkap Segara Banyu Bening in hanya diberikan waktu satu bulan untuk menyelesaikan rekaman untuk 10 soundtrack dua film tersebut. Akhirnya, ia berhasil melakukannya tahun lalu, sebelum proses syuting film dimulai.

Segara Akui Tidak Familiar dengan Lagu-lagu Chrisye di Albumnya

Putra Ebiet G. Ade ini mengakui bahwa sebenarnya ia tidak terlalu familiar dengan lagu-lagu Chrisye yang akan dinyanyikan ulang olehnya. Setelah mendengarnya untuk pertama kali, yang terpikir di benak Segara adalah lagunya begitu sulit.

“Oh sama sekali tidak (familiar). Yang familiar Kidung, Galih dan Ratna, dan Kau. Yang pertama aku familiar banget itu Kidung, sisanya aku enggak tahu sama sekali. Bayangin aku dikasih lagu harus selesai cepat. Aku akhirnya cari di YouTube, wah lagunya susah banget,” kata Segara.

Penyanyi Segara Ega saat mengunjungi Kantor TEMPO di Palmerah, Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2023. TEMPO/M Taufan Rengganis

Baca Juga  Kesedihan Ibunda Muhammad Abidzar, Ungkap Anaknya Alami Trauma Usai Penyiraman Air Keras

Menurut penyanyi 33 tahun ini, lagu-lagu era 1980-an terasa sulit didengar oleh generasi zaman sekarang karena perbedaan nada, intonasi, musik, dan aransemennya. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi Segara untuk bisa menghadirkan lagu-lagu lawas tersebut dengan aransemen yang lebih segar untuk kalangan anak muda tanpa mengubah lirik aslinya.

Iklan

“Lagu ini rata-rata yang menciptakan mas Guruh Soekarnoputra, beliau kalau bikin lirik puitis yang kadang orang sulit mengerti apa maksudnya karena harus berkali-kali ditelaah. Pada saat itu aku cuma mikir, bagaimana meringankan lagu ini dengan nadanya karena liriknya enggak bisa diubah,” kata Segara. “Aku pengen orang zaman dulu bisa bernostalgia dengan lagu ini dan orang zaman sekarang bisa menikmati lagu ini seperti lagu baru.”

Segara Isi Suara Yesaya Abraham saat Nyanyi di Film

Film karya sutradara Monty Tiwa, Gita Cinta dari SMA sudah tayang di bioskop pada 9 Feburari 2023, sementara Puspa Indah Taman Hati rencananya akan dirilis Kamis, 31 Agustus 2023. Dua film yang saling berhubungan tersebut dibintangi oleh Yesaya Abraham sebagai Galih dan Prilly Latuconsina sebagai Ratna.

“Galih di Gita Cinta dari SMA itu penyanyi yang suka main gitar, jadi setiap di film itu ada adegan nyanyi dan main gitar, itu suara aku yang dipakai. Prilly suaranya Prilly, pas Yesaya nyanyi itu suara aku,” kata Segara.

Album Segara: Tentang Galih dan Ratna baru dirilis pada Rabu, 2 Agustus 2023. Album pertama Segara ini berisi total 10 lagu, termasuk Kidung, Galih dan Ratna, Gita Cinta, Marlina, Apatis, Puspa Indah, Sirna, Kau, dan Wajah Ayu. Sebenarnya ada 9 lagu, namun khusus untuk Kidung dibawakan dalam dua versi, dinyanyikan sendiri oleh Segara dan duet bareng Prilly Latuconsina. Selain Kidung, Segara dan Prilly juga berkolaborasi di lagu Kau.

Pilihan Editor: Gita Cinta dari SMA Hadir Kembali Lebih Segar, Dibintangi Prilly Latuconsina dan Yesaya Abraham

Baca Juga  Sandiaga Uno to Evaluate Conduct of Miss Universe Indonesia Following Alleged Sexual Harassment Case



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *