Diam-diam Samsung Menonaktifkan Perekaman Video 8K di Galaxy S23 Ultra

Berita250 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pengguna ponsel Samsung Galaxy S23 Ultra mengeluh tentang hilangnya sebuah fitur setelah adanya pembaruan perangkat lunak bulan Juni. Perekaman video 8K menggunakan mode kecepatan bit tinggi tidak lagi tersedia.

Opsi di menu kamera masih ada, tetapi saklar berwarna abu-abu alias tidak bisa digerakan. Perubahan ini tidak disebutkan di changelog dan juga tidak ada penjelasan dari Samsung.

Opsi kecepatan bit tinggi diduga dinonaktifkan karena masalah stabilitas. Saat fitur tersebut masih dapat digunakan, memang terdengar kabar pengguna menyatakan bahwa terkadang merekam video 8K akan menyebabkan gagap dan video tampak terputus-putus. Mungkin itu sebabnya Samsung memutuskan untuk menonaktifkan fitur tersebut hingga menemukan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Hal ini tentu bukanlah kabar yang menyenangkan. Coba pikir, fitur yang kerap dibanggakan pada iklan, kini dinonaktifkan. Untuk saat ini, pengguna dapat terus merekam video bitrate tinggi dalam resolusi 4K hingga 60 fps di Galaxy S23 Ultra. Pengambilan klip dengan fitur ini disimpan dalam format HEVC untuk menghemat ruang.

Untuk diketahui, merekam video 8K dari dari smartphone saat ini tidak memberikan peningkatan besar dalam kualitas atau detail dibandingkan klip 4K. Pilihan mode 8K membuat video mengambil lebih dari dua kali ruang penyimpanan dibanding rekaman 4K biasa.

Selain itu, pengguna terbatas hanya dapat menggunakan kamera 200 MP utama S23 Ultra, karena kamera telefoto dan ultrawide tidak dapat memotret dalam resolusi setinggi itu.

Iklan

Mari kita tunggu kabar resmi dari Samsung tentang kejadian ini. Samsung diharapkan mengaktifkan opsi bitrate tinggi untuk video 8K di Galaxy S23 Ultra pada pembaruan One UI 6 beta atau One UI 5.1.1 yang akan datang. Kedua firmware akan meluncur dalam beberapa minggu ke depan.

Baca Juga  Kelurahan Tanah Tinggi Distribusikan 495 Kota Suara ke 99 TPS dengan Pengawalan Ketat Polisi

Galaxy S23 Ultra menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 (4 nm) yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan 12 GB. Sedangkan penyimpanan internal tersedia hingga 1 TB tanpa slot tambahan.  

Kapasitas baterai yang digunakan 5.000 mAh dengan pengisian daya 45 W, PD3.0. Samsung menjanjikan pengisian 65 persen dalam 30 menit. Ada juga pengisian nirkabel 15 W dan terbalik 4,5 W.

GSM ARENA

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/Losergeek.orgdotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *