Gempa Tuban Akibatkan Sejumlah Bangunan Rusak, Pasien di Rumah Sakit Diungsikan

Berita17 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Gempa Tuban yang mengguncang Pulau Bawean Kabupaten Gresik lebih dari dua kali mengakibatkan pasien-pasien di rumah sakit diungsikan sementara.

Kepala BPBD Gresik Suyono mengatakan guncangan gempa yang terjadi Jumat (22 /3/2024) pukul 11.22.45 WIB mengakibatkan sejumlah bangunan rusak. 

“Akibat gempa tersebut, kami menerima laporan sejumlah bangunan mengalami kerusakan. Baik di Kecamatan Sangkapura maupun Kecamatan Tambak,” ujar Suyono.

Bahkan, para pasien di rumah sakit setempat juga dibawa keluar ruangan. Hal ini sebagai upaya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Lantaran dikhawatirkan terjadi gempa susulan.

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” kata Suyono.

Pasalnya BPBD Gresik mencatat kerusakan di Kecamatan Sangkapura seperti jendela SMAN 1 Sangkapura ada yang jatuh dan pecah.

Lalu, kerusakan keramik dinding SD Muhammadiyah. Serta dua rumah warga di Desa Dekatagung mengalami retak.

Satu rumah di Desa Kelompanggubug mengalami keretakan pada tembok. Di Desa Tambak, barang-barang toko berserakan akibat berjatuhan.

“Kemudian di Desa Telukjatidawang, satu rumah warga temboknya retak. Dua rumah lainnya tembok runtuh. Selain itu, satu lansia di Desa Tambak bernama Hasi’ah berusia 71 tahun mengalami luka ringan akibat tertimpa genteng jatuh,” ungkap Suyono.

Untuk itu warga diminta agar waspada dan memeriksa bangunan yang ditempati apakah ada kerusakan parah atau tidak sebelum kembali ke rumah pascagempa. 

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” tukasnya.

BPBD Kabupaten Gresik mencatat, terjadi 10 kali guncangan gempa dipulau yang berjarak 80 mil dari Kabupaten Gresik itu.

Baca Juga  rebecca klopper viral video telegram link

wilayah Pantai Barat Gresik, Jawa Timur, diguncang gempa tektonik.

Sebelumnya, gempa Tuban berlokasi pada koordinat 5,79° LS ; 112,32° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 kilometer arah TimurLaut Tuban, Jawa Timur pada kedalaman 10 kilometer.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *