Gladi Resik Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78, Jalan di Seputar Istana Merdeka Ditutup Sementara

Berita223 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Beberapa ruas jalan di sekitar Istana Merdeka ditutup sementara pada Selasa pagi hingga siang karena gladi resik Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78. 

Penutupan jalan diterapkan di Jalan M.I Ridwan Rais yang mengarah ke Jalan Merdeka Utara. Penutupan dilakukan menggunakan water barrier. Arus lalu lintas dari Jalan M.I Ridwan dialihkan ke Jalan Perwira menuju Masjid Istiqlal.

Penutupan juga diberlakukan di Jalan Veteran III dari arah Stasiun Juanda menuju Monas. Pengendara tidak bisa berbelok ke kiri. Pengguna jalan dialihkan ke Jalan Veteran Raya menuju Harmoni atau Tomang.

Pada kegiatan gladi resik Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Merdeka, terdengar dentuman meriam. Setengah jam kemudian, terlihat atraksi pesawat tempur TNI AU atau flypast.

Pada acara gladi resik ini, kirab Kereta Kencana Ki Jaga Rasa tampak keluar meninggalkan Istana Merdeka menuju Monumen Nasional (Monas). Kirab kereta kencana itu diiringi pasukan berkuda dan pasukan marching band korps TNI-Polri. Dari Istana, kereta melewati Jalan Merdeka Utara dan masuk di pintu seberang Graha Pertamina.

Kirab kereta kencana ini membawa duplikat bendera pusaka Merah Putih yang nantinya dikibarkan pada upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Istana Merdeka.

Iklan

Selama gladi resik berlangsung, Jalan Merdeka Utara tampak kosong. Rekayasa lalu lintas masih diberlakukan hingga sekitar pukul 12.45 WIB.

Rangkaian Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-78 akan diselenggarakan di Istana Merdeka pada Kamis, 17 Agustus 2023 pukul 09.00.

Upacara HUT Kemerdekaan RI tahun ini adalah yang terakhir diadakan di Istana Merdeka. Pada 2024, Presiden Joko Widodo alias Jokowi menargetkan Upacara HUT Kemerdekaan RI diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Baca Juga  Pesan Menyentuh Prabowo Subianto Larang Relawannya Unjuk Rasa di Mahkamah Konstitusi

Pilihan Editor: Heru Budi: Upacara HUT Kemerdekaan RI Tahun Ini Jadi yang Terakhir di Jakarta, Selanjutnya di IKN



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *