Inilah 4 Game yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Berita237 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Bermain game tidak selamanya menjadi kegiatan yang menghabiskan waktu dengan sia-sia selama Anda bisa memilih game yang tepat. Sebab, ada berbagai game yang dapat melatih konsentrasi dan justru bisa membantu Anda untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi. 

Dilansir dari Health.harvard.edu, bermain game dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, terutama seiring bertambahnya usia. Game dapat membantu meningkatkan keterampilan otak tertentu dan dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan otak secara keseluruhan. 

Berikut empat permainan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

1. Puzzle

Dikutip dari Smadwiwarna.sch.id, salah satu permainan yang dapat meningkatkan konsentrasi adalah puzzle. Memainkan permainan ini bisa mendorong anak untuk menggunakan memori jangka pendeknya. 

Dalam permainan ini terdapat beberapa warna, di mana Anda diharuskan berpikir untuk memilah-milah warna serta bentuk yang berbeda. Anda dipaksa untuk lebih keras dari biasanya. Memecahkan teka-teki gambar bisa membantu Anda untuk meningkatkan konsentrasi, terlebih jika dilakukan setiap hari. 

2. Catur

Catur dapat menjadi pilihan permainan yang baik untuk meningkatkan konsentrasi. Studi menunjukkan manfaat belajar atau bermain catur dengan santai untuk fungsi kognitif. Dikutip dari Vineyardseniorliving.com, penelitian lain menunjukkan bahwa permainan catur biasa atau ahli dapat berpengaruh pada memori pendengaran dan kemampuan kognitif.

Iklan

3. Teka Teki Silang (TTS) 

Permainan untuk melatih konsentrasi selanjutnya adalah teka teki silang. Game ini sangat berguna untuk latihan kognitif karena menantang otak agar selalu fokus ketika mencari tahu jawabannya. Permainan teka teki silang sangat cocok dimainkan oleh pelajar SD hingga SMA. Sesuaikan buku teka teki silang dengan usia Anda. 

Permainan satu ini tidak hanya dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi, namun juga bisa membantu anak mengurangi risiko mengidap penyakit demensia. Artinya, game ini bermanfaat hingga jangka panjang.

Baca Juga  Desak Anies di Gorontalo, Anies Baswedan Perkenalkan Buku Panduan Pembangunan 40 Kota di Indonesia

4. Sudoku

Tidak seperti teka teki silang, sudoku didasarkan pada angka. Teka teki sudoku membutuhkan penalaran yang cermat untuk menemukan tempat angka. Bermain sudoku memaksa otak untuk berkonsentrasi hingga bisa menempatkan semua angka secara berurutan tanpa pengulangan. Seperti teka-teki silang, Anda dapat bermain di buku atau di perangkat elektronik, membuatnya mudah dinikmati di mana saja.

Permainan ini bisa dibilang cukup sulit, terutama bagi pemula. Namun, saat sudah terbiasa menjadi mudah untuk dilakukan. Permainan Sudoku berguna untuk merangsang otak agar berpikir cepat.

Pilihan Editor: Lakukan 5 Hal Ini jika Ingin Meningkatkan Konsentrasi 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *