Ketahui 5 Manfaat Pola Makan Vegan

Berita298 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pola makan vegan atau nabati mengecualikan semua produk hewani, termasuk daging, susu, dan telur. Pola makan ini menawarkan asupan yang kaya akan serat, vitamin, mineral, rendah kolesterol, serta rendah kalori dan lemak jenuh.

Jika orang mengikutinya dengan benar, pola makan vegan bisa sangat bergizi. Manfaatnya bisa termasuk mengurangi risiko penyakit kronis dan mendukung penurunan berat badan. 

Dikutip dari WebMD, studi menunjukkan bahwa pola makan nabati melindungi terhadap 15 penyebab utama kematian di dunia, termasuk banyak kanker (payudara, prostat, dan usus besar di antaranya).

Ada yang mengatakan bahwa makan lebih banyak sayuran membantu mencegah penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Berikut sederet manfaat pola makan vegan.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

DIlansir dari peta.org.uk, studi menunjukkan bahwa makan vegan dapat membantu mengurangi risiko penyakit, karena makanan nabati dikemas dengan fitokimia, termasuk antioksidan kuat yang ditemukan dalam buah dan sayuran. 

Para peneliti menemukan bahwa vegan memiliki konsentrasi antioksidan karotenoid yang lebih tinggi, proporsi total asam lemak omega-3 yang lebih tinggi, dan tingkat asam lemak jenuh yang lebih rendah daripada non-vegan, yang semuanya terkait dengan hasil kesehatan yang positif.

Sebuah penelitian selama 11 tahun di Jerman, yang melibatkan lebih dari 800 pria vegetarian, juga menemukan bahwa tingkat kanker mereka kurang dari separuh masyarakat umum.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menjalani pola makan vegan dapat menurunkan tekanan darah, sehingga mengurangi risiko Anda terhadap kondisi tersebut. 

Baca Juga  Bikin Momen yang Tak Terlupakan, Ini 9 Tips Liburan Bersama Keluarga

Sebuah meta analisis mengeksplorasi data dari 39 penelitian dan menyimpulkan bahwa orang yang mengikuti diet vegetarian rata-rata memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang mengikuti diet omnivora, yang berarti termasuk tumbuhan dan daging.

Dikutip dari Everyday Health, penelitian lainnya juga menemukan bahwa vegetarian memiliki risiko 34 persen lebih rendah terkena hipertensi dibandingkan nonvegetarian.

Iklan

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Daging mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan masalah jantung jika dimakan secara berlebihan. Karena itu, dengan mengurangi daging dan mengonsumsi makanan nabati, Anda dapat membantu menjaga kesehatan jantung. 

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bahwa makan pola makan nabati dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 16 persen dan kematian akibat kondisi kesehatan ini sekitar 31 persen. 

4. Menurunkan Berat Badan

Apabila tujuan Anda adalah menurunkan berat badan berlebih, pola makan vegan dapat membantu Anda karena resep vegan mencakup banyak sayuran, buah-buahan, dan polong-polongan. Makanan ini mengandung kadar air dan serat yang lebih tinggi daripada produk hewani. Studi menunjukkan bahwa vegan dapat menurunkan berat badan dua kali lipat dalam enam bulan dibandingkan dengan orang omnivora. 

5. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Manfaat lainnya dari pola makan vegan adalah membantu mengatur kadar gula darah. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak daging dan unggas memiliki risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Sementara itu, pola makan nabati dapat membantu mencegah bahkan membalikkan penyakit ini. Efek ini disebabkan kandungan serat yang tinggi pada sayuran dan rendahnya kandungan karbohidrat pada kacang-kacangan. 

Dilansir dari Verywell Health, sebuah studi selama 16 minggu pada individu yang kelebihan berat badan menunjukkan peningkatan sensitivitas insulin pada kelompok vegan. Artinya, tubuh lebih baik dalam menggunakan insulin yang tersedia (hormon yang membantu mengatur kadar gula darah) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Dengan peningkatan sensitivitas insulin, risiko terkena diabetes menurun dan manajemen gula darah membaik. 

Baca Juga  Tips Terbaik untuk Lindungi Rumah dari Rayap, Hindari Kediaman Anda dari Kayu dan Mulsa

Pilihan Editor: 5 Hal yang Harus Diketahui sebelum Memutuskan Menjadi Vegan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *