Mengenang Ratu Soul Aretha Franklin Meninggal 5 Tahun Lalu, Ini Profilnya

Berita93 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaAretha Franklin atau yang dikenal sebagai Queen of Soul adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan pianis legendaris asal Amerika. Wanita kelahiran 25 Maret 1942 ini meninggal dunia akibat kanker pankreas yang dideritanya pada 16 Agustus 2018 lalu.

Mengutip dari laman IMDb, Aretha merilis single pertamanya pada usia delapan belas tahun, di bawah Columbia Records. Lagunya ini mencapai nomor sepuluh di tangga lagu BillBoard dan rekor pertamanya dirilis pada Januari 1961. 

Pada 1966, Aretha kemudian menandatangani kontrak dengan Atlantic Records, di mana dia merilis single legendaris pertamanya, Respect yang ditulis oleh “The King Of Soul”, Otis Redding. Aretha juga merilis tiga lagu tambahan yaitu Baby I Love You”, A Natural Women”, dan Chain Of Fools”.

Tak selalu mulus, pada pertengahan 1979, Aretha merilis album bernama La Diva”. Album ini terjual kurang dari 50.000 eksemplar dan ditandai sebagai titik terendah dalam karir Franklin. Tak sampai di situ, Aretha juga  terpaksa pindah ke Detroit untuk merawat ayahnya Clarence yang koma karena ditembak perampok.

Pada tahun 1980, bersama dengan beberapa musisi lain seperti Ray Charles dan James Brown, Aretha Franklin muncul dalam film berjudul The Blues Brothers”. Pada tahun 1982, Aretha kembali naik dengan album hitnya Jump To It”, yang menampilkan Luther Vandross. Lagu ini terjual lebih dari 600.000 eksemplar dan bersertifikat emas.

Pada tahun 1985, Franklin merilis album yang menampilkan elemen rock unik yang belum pernah terdengar sebelumnya. Album, “Who’s Zoomin Who?”. Album ini juga menampilkan lagu hit dengan George Michael berjudul “I Know You Were Waiting For Me” dan kemudian terjual lebih dari satu juta kopi. 

Baca Juga  Pertanyaan Rocky Gerung ke Mahfud MD Soal Status Tersangka SYL Dijawab KPK, Ini Penjelasannya

Pada tahun 1993, Aretha bernyanyi di pelantikan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton. Dia juga terus merilis album dan single, bekerja dengan artis baru seperti BabyFace, Jermaine Dupri, Sean “P Diddy” Combs, dan Lauryn Hill bersama dengan labelnya, Arista Records.

Iklan

Pada tahun 2003, Aretha kemudian mengakhiri hubungan 23 tahunnya dengan Arista dan membuka labelnya sendiri, Aretha. Franklin merilis album pertamanya, “A Woman Falling Out Of Love”, pada tahun 2011. Ini merupakan lagu yang menandai lima puluh tahunnya dalam dunia pertunjukan.

Suara soulful dan kemampuannya dalam menyampaikan emosi yang mendalam melalui musik membuatnya menjadi sosok ikonik di industri musik. Aretha Franklin menerima banyak penghargaan, termasuk 18 Grammy Awards.

Melansir dari Fandom, Aretha memiliki 20 single nomor 1 di Billboard R&B Singles Chart dan dua hit nomor 1 di Billboard Hot 100: “Respect” (1967) dan “I Knew You Were Waiting (For Me)” (1987) yang berduet dengan George Michael. 

Sejak 1961, dia telah mencetak total 45 hit Top 40 di Billboard Hot 100. Antara 1967 dan 1982 dia memiliki 10 album R&B nomor 1 lebih dari artis wanita lainnya. Pada tahun 1987, Franklin kemudian menjadi artis wanita pertama yang dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame.

Aretha Franklin meninggal karena kanker pankreas stadium lanjut pada 16 Agustus 2018, di Detroit, Michigan. Saat ini Aretha dikenang sebagai salah satu penyanyi paling berpengaruh sepanjang masa, dan sebagai aktivis yang berbicara tentang dunia melalui musiknya, dan menggunakan musik sebagai alat untuk kebenaran, keadilan, dan jiwa.

IMDB | MUSIC FANDOM
Pilihan editor: 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *