Nova Arianto Akui Fisik Dasar Para Pemain yang Ikut Seleksi Timnas U-16 Masih Kurang

Berita42 Dilihat

Laporan Wartawan Tribunnews.com, AbduL Majid

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto telah melihat kemampuan para pemain yang mengikuti seleksi Timnas U-16 selama sepekan lebih.

Dalam seleksi tahap pertama ini, Nova menilai para pemain yang mengikuti seleksi masih sangat kurang dalam hal mental dan fisik.

Hal itu ia sampaikan usai internal game di Lapangan A GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2024).

“Kalau etos kerja hampir sama di tim senior, secara mental sangat kurang dalam arti memaksa mereka saat capek tidak mau memaksa,” ujar Nova.

Baca juga: Hadapi Vietnam Mayoritas Skuad Timnas Indonesia saat Diperkuat Para Pemain yang Tampil di Piala Asia

“Secara fisik dasar pemain sangat buruk sehingga saya lihat mereka main 2×25 menit banyak yang kram, padahal di EPA di soeratin 2×35 mereka bisa main,” sambungnya.

Eks pemain Timnas Indonesia, menjelaskan untuk bisa masuk skuad Timnas Indonesia U-16, para pemain minimal harus punya fisik dasar yang bagus.

Pasalnya, kondisi fisik sangat berpengaruh ketika penerapan strategi dalam pertandingan.

“Jadi analisa kami adalah di saat mereka di kompetisi itu mereka atur kondisi, kapan joging, kapan jalan kapan lari tapi di sini kalau dia ingin masuk Timnas harus main sesuai dengan filosofi saya yang butuh pemain yang fisik dasarnya bagus,” terangnya.

Lebih lanjut, usai seleksi tahap pertama ini rampung, para pemain dikembalikan ke klub atau SSBnya masing-masing.

Baca juga: Ingin Main di Level Asia, Nova Arianto Cari Pemain Timnas U-16 dengan Postur Lebih dari 175 cm

Nova pun turut berpesan kepada para pemain agar meneruskan hal-hal positif yang didapat semenjak mengikuti seleksi Timnas U-16.

Tak hanya itu, ia juga meminta agar hal-hal positif ini juga diberitahu kepada rekan-rekannya baik di klub maupun SSB,

Baca Juga  Tips Menjadi Cepat Kaya Di Cimahi Terbaru

“Pesan saya ke pemain bisa jadi role model di klubnya ari apa yang kita buat. mungkin tiga hari singkat, tapi saya bilang itu waktu yang cukup untuk belajar gimana disiplin di luar dan dalam lapangan,” kata Nova.

“Dalam latihan termasuk masalah makan, apa yang harus mereka maka,  itu jadi pelajaran dan harapannya mereka bisa jadi bawa contoh baik di SSB mereka agar semua punya cara yang sama,” pungkasnya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *