Pemerintah Malaysia Minta Warga Serahkan Video Pesawat Jatuh di Selangor

Berita98 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta –¬†Kementerian Transportasi Malaysia meminta masyarakat membantu proses penyelidikan pesawat N28JV yang jatuh di Elmina, Shah Alam, Selangor, pada Kamis petang, dengan menyerahkan rekaman video atau foto pesawat tersebut.

Dalam keterangan yang dikeluarkan di Putrajaya, Sabtu, kementerian itu mengatakan sesuai dengan ketentuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), Biro Investigasi Kecelakaan Udara (BSKU) di bawah kementerian melakukan penyelidikan teknis sejak tanggal kejadian.

Sesuai Lampiran 13-Investigasi Kecelakaan dan Insiden Pesawat ICAO maka penyelidikan harus disiapkan dalam waktu 30 hari sejak tanggal kecelakaan terjadi.

Kementerian itu menyebutkan tujuan utama penyelidikan adalah untuk menentukan keadaan dan penyebab kecelakaan dengan tujuan menyelamatkan nyawa serta mencegah kecelakaan serupa terjadi di masa depan.

Kementerian Transportasi meminta masyarakat atau pihak manapun yang memiliki rekaman video atau foto terkait apapun membantu mereka dengan menyerahkan materi tersebut kepada BSKU.

Mereka juga meminta masyarakat dekat lokasi kecelakaan dan menyaksikan kejadian itu agar menghubungi BSKU guna membantu investigasi jatuhnya pesawat.

Iklan

Kementerian juga meminta masyarakat tidak menyebarkan gambar atau video korban tewas dalam kecelakaan tersebut. Sebab tindakan itu akan menimbulkan kebingungan dan spekulasi yang tidak hanya mengganggu penyelidikan kecelakaan udara, tetapi juga menyinggung keluarga korban.

Menteri Transportasi Anthony Loke sebelumnya telah meminta BSKU agar menggelar penyelidikan sesegera mungkin dan terinci sebelum hasilnya diumumkan secepatnya kepada publik.

Alat perekam suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR) sudah diberikan kepada BSKU setelah ditemukan Kamis untuk dianalisis. Anthony menegaskan hasil penyelidikan akan disampaikan secara transparan kepada publik.

Pilihan Editor: Korban Pesawat Jatuh di Malaysia Punya Firasat Sebelum Tewas

ANTARA



Quoted From Many Source

Baca Juga  Cegah Kekerasan Seksual Pada Anak, Literasi Digital dan Edukasi Etika Medsos Jadi Hal Penting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *