Pengamat Sebut KIM akan Temukan Jalan Buntu Saat Menentukan Cawapres untuk Prabowo Subianto, Kenapa?

Berita138 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM – Pengamat Politik sekaligus Founder GoGo Bangun Negeri, Emrus Sihombing menyebut Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan menemukan jalan buntu, saat menentukan cawapres untuk Prabowo Subianto, di Pilpres 2024.

Padahal sebentar lagi pendaftaran pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akab dibuka pada 19 hingga 25 Oktober 2023 mendatang.

Dalam diskusi politik yang digelar di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (14/10/2023), Emrus mengatakan terjadi diskusi internal yang ketat di dalam KIM.

Sehingga belum ada nama yang ditentukan untuk mendampingi Prabowo Subianto.

Baca juga: Simak Cerita Prabowo Subianto Ketika Diminta Presiden Jokowi Jabat Menhan RI: Beliau Datang ke Rumah

Baca juga: Pilpres 2024, Elektabilitas Capres Prabowo Subianto Unggul di Jawa Barat, Pengamat Politik: Tangguh

Baca juga: Pengamat Nilai Prabowo Subianto Segera Gandeng Erick Thohir Jadi Cawapres Agar Unggul Suara di Jatim

“Harusnya pada hari pertama pendaftaran mereka sudah mendaftarkan pasangan calon, tetapi sepertinya beluma ada kesepakatan,” kata Emrus.

Dalam diskusi internal yang kian terhambat itu menurut Emrus bakal lahir nama baru yang jadi penengah, yakni Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

Di tengah ketatnya partai besar di dalam KIM seperti Golkar dan PAN yang mengusulkan calon, PBB sebagai partai kecil tentu akan jadi sorotan bersamaan juga dengan Gibran yang beberapa waktu terakhir namanya kian dilekatkan dengan Prabowo. 

Meski nama Gibran jauh lebih kuat, Emrus menilai peluang itu kecil mengingat ia merupakan kader PDIP dan tak mungkin bagi partai moncong putih itu berada alam dua poros pemilu dalam Pilpres 2024.

“Jokowi, Kaesang, Gibran dan Bobby akan berada dalam satu poros, yakni mendukung Ganjar Pranowo,” tuturnya. 

Baca Juga  Siaga, Guguran Lava Gunung Karangetang Meluncur ke Lima Sungai

Pendaftaran capres cawapres akan dibuka pada 19 Oktober dan ditutup pada 25 Oktober 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari mengatakan jadwal waktu pendaftaran untuk tanggal 19-24 Oktober akan dibuka pada jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB.

Sedangkan untuk hari terakhir atau 25 Oktober 2024, pendaftaran pasangan capres-cawapres akan ditutup oleh KPU lebih malam pada pukul 23.59 WIB.

Pendukung Mayoritas Generasi Muda

Survei and Polling Indonesia (SPIN) terbaru mencatat Capres Prabowo Subianto sebagai kandidat yang paling banyak didukung generasi muda.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *