Poppy Capella Bantah Terlibat Pelecehan Seksual Miss Universe Indonesia dan akan Laporkan Balik

Berita250 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Bos Capella Swastika Karya, Poppy Capella membantah terlibat dugaan pelecehan seksual dalam penyelenggaran Miss Universe Indonesia pada 1 Agustus 2023. Bantahan National Director Miss Universe Indonesia yang baru saja dicopot hak lisensinya oleh Organisasi Miss Universe itu diungkapkan dalam akun Instagram resmi Miss Universe Indonesia pada satu jam lalu, Sabtu, 12 Agustus 2023. 

Tanggapan Poppy Capella Atas Dugaan Pelecehan Miss Universe Indonesia

Poppy menulis siaran pers dengan judul, “Bantahan Terhadap Pemberitaan di Media yang Menyudutkan Miss Universe Indonesia.” Pernyataan yang ditayangkan setelah izin lisensinya dicopot Organisasi Miss Universe ini ada delapan poin klarifikasi. Delapan poin itu untuk menanggapi pemberitaan setelah muncul laporan polisi mengenai dugaan tindak pidana kekerasan seksual yang dialami finalis Miss Universe Indonesia. 

“Berita yang dimuat penuh dengan spekulasi dan ketidakbenaran dengan maksud menyudutkan saya sebagai National Director dan pemegang izin Miss Universe Indonesia,” tulis Poppy. 

Menurut Poppy, laporan adanya tindak pidana kekerasan seksual, yang sudah dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada 7 Agustus 2023 itu disikapinya dengan serius. Pemegang lisensi Miss Universe Malaysia yang juga baru dihentikan kerja samanya oleh Organisasi Miss Universe ini menyatakan, ia telah menunjuk kuasa hukum lantaran kasus ini sudah masuk ke kepolisian. 

Istri pengusaha Malaysia, Datuk Wira Justin Lim Hwa Tat ini mengaku menentang segala bentuk kekerasan atau pelecehan seksual. Ia mengaku prihatin dan bersimpati kepada korban pelecehan seksual di manapun dan kapan pun. “Saya pasti akan berusaha mencegah dan tidak akan pernah berkompromi terhadap kekerasan seksual,” tulisnya. 

Pengacara Mellisa Anggraini melaporkan penyelenggara kontes kecantikan Miss Universe Indonesia ke Polda Metro Jaya kasus pelecehan foto bugil, Senin 7 Agustus 2023. ANTARA/Ilham Kausar

Baca Juga  KPU Tegaskan Presiden Harus Cuti Kalau Mau Ikut Kampanye di Pilpres 2024

Poppy Capella Bantah Terlibat dan Suruh Kegiatan Body Checking

Pada poin ketiga, Poppy Capella menegaskan, sebagai National Director dan pemilik izin lisensi Miss Universe Indonesia, ia membantah terlibat dalam sesi body checking disertai foto tanpa busana para finalis. “Saya tidak terlibat sama sekai dan tidak pernah mengetahui, menyuruh, meminta atau mengizinkan siapa pun yang berperan dan berpartisipasi dalam proses penyelenggaraan Miss Universe Indonesia untuk melakukan kekerasan atau pelecehan seksual melalui body checking sebagaimana yang ramai diberitakan,” tulisnya. 

Iklan

Mantan penyanyi dangdut itu mengaku menyesalkan pemberitaan di media massa yang menurut dia sudah menimbulkan persepsi menyesatkan. “Menyimpulkan seolah-olah dugaan tindak pidana  yang dilaporkan adalah benar  dan sudah terbukti padahal Kepolisian belum mulai melakukan pemeriksaan,” tulisnya.; 

Tuding Laporan ke Polisi Itu Sebagai Cara Ambil Alih Izin Lisensi

Ia menuding pemberitaan itu secara sengaja diskenariokan untuk menekannya dan menciptakan imej negatif tentang penyelenggaraan Miss Universe Indonesia. “Saya telah mendapatkan bukti dan infromasi bahwa ini memang disengaja dilakukan pihak-pihak tertentu yang berkeinginan mengambil alih izin Miss Universe Indonesia yang saya miliki.” 

Untuk itu, tulis Poppy, ia akan menuntut balik secara perdata dan pidana pihak-pihak yang telah menjatuhkannya itu.  Ia akan melaporkan balik pihak-pihak yang sudah menyiarkan berita bohong, mmenyebarkan kabar tidak pasti dan atau dugaan pencemaran nama baik melalui internet, membuat laporan polisi palsu atau pengaduan palsu. Laporan balik ke pihak-pihak yang sudah mencemarkan nama baiknya itu berdasarkan pasal 14 dan 15 UU No. 14 Tahun 1946, Pasal 27 UU No, 11 Tahun 2008, Pasal 220 KUHP, dan Pasal 317 KUHP. Ia menulis laporan itu kepada  mereka yang berkomplot. 

Baca Juga  Anak Belum Dapat Bangku Sekolah, Emak-emak di Depok Geruduk Balai Kota

Poin ketujuh, Poppy Capella meminta pemerintah, kepolisian, dan publik lebih jeli dan tidak terkecoh dengan pemberitaan yang ditulisnya tidak benar. Ia meminta agar semua pihak menunggu pemeriksaan Kepolisian. Terakhir, Poppy saat ini mengaku sedang mempersiapkan untuk menggelar konferensi pers  yang lebih baik dan secepatnya. 

Penyelenggaraan Miss Universe Indonesia geger setelah beberapa finalis mengaku dilecehkan dalam sesi body checking disertai foto tanpa busana pada 1 Agustus 2023. Mereka mengaku dibentak dan diraba oleh panitia yang memaksa mereka menanggalkan busana dan ditempatkan di lokasi terbuka yang disaksikan tiga pria. Para finalis bersama dua province director, eks direktur visual, Rio Motret, dan mantan CEO Miss Universe Indonesia Eldwen Wang melaporkan kasus ini ke Polda Metro Jaya pada 7 Agustus 2023. 

Pilihan Editor: Pengacara Khawatir Rekaman CCTV saat Peserta Miss Universe Indonesia tanpa Busana Tersebar



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *