Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, SOS Gelar Aksi Bersih-Bersih di Panti Asuhan dan Panti Jompo

Berita44 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Panti asuhan dan panti jompo merupakan sarana kesejahteraan sosial yang mempunyai peranan penting dalam memberikan penghidupan dan tempat tinggal yang layak bagi anak asuh serta lansia.

Hal ini tentunya akan menjadi lebih maksimal jika lingkungan panti selalu bersih dan higienis.

Mengutip hasil penelitian dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bersama pemerintah Australia dan The SMERU Research Institute pada 2022, kebanyakan panti jompo di Indonesia memiliki dana terbatas dan hanya mengandalkan pendanaan mandiri.

Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) pada 2014 lalu juga pernah mencatat bahwa dari sekitar 3000 panti asuhan yang berdiri di wilayah Jabodetabek, hanya 38 persen panti yang berfasilitas layak, meliputi pemenuhan fasilitas sanitasi yang berkesinambungan dengan kebersihan lingkungan panti.

Terlebih risiko akan penularan penyakit juga bisa meningkat di lingkungan dengan fasilitas sanitasi buruk serta lingkungan padat penghuni seperti panti asuhan dan panti jompo.

Sebagai langkah nyata dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, SOS sebagai produk kebersihan dari Tempo Scan menghadirkan program CSR bertajuk #BaktiSOSial dengan tema “Satu Langkah Bersih untuk Ribuan Senyuman” yang menyasar ke ratusan panti asuhan dan panti jompo.

Managing Director Brand Investment & Consumer Engagement – Consumer, Cosmetics & Health Care – SOS, Winny Yunitawati menjelaskan, menjaga kebersihan merupakan langkah penting yang dibutuhkan guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman.

“Hadirnya kegiatan CSR #BaktiSOSial ini sejalan dengan komitmen SOS untuk memberikan perlindungan bagi keluarga, rumah dan lingkungan sekitar, melalui kebiasaan hidup bersih dan sehat agar bebas dari kuman, virus dan bakteri berbahaya,” ungkap Winny dalam keterangan resmi, Selas (20/2/2024).

Hingga saat ini, lanjut Winny, program CSR #BaktiSOSial telah berhasil menjangkau setidaknya 200 titik panti asuhan dan panti jompo yang tersebar di 20 kota di Indonesia dengan mendistribusikan lebih dari 80,000 produk kebersihan.

Baca Juga  Hadiri Pengarahan MELATI AMIN, Anies Baswedan Tekankan Pentingnya Stabilitas Harga Bahan Pokok

“Selain itu ada juga aksi bersih-bersih yang dilakukan bersama Tim SOS dengan jaringan komunitas relawan Dompet Dhuafa dan penghuni panti,” jelas Winny.

Di sisi lain, Kepala Asrama Panti Asuh Yayasan Al-Abqo Ziyadah Depok, Ahmad Riyaldi yang menjadi lokasi aksi bersih-bersih turut mengungkapkan rasa terima kasih serta menyambut positif atas terlaksananya program #BaktiSOSial ini.

“Kami sangat berterima kasih dan mendukung penuh kegiatan #BaktiSOSial dari SOS ini, karena kami percaya bahwa dengan lingkungan yang bersih, anak-anak bisa tumbuh sehat dan lingkungan pun lebih nyaman sehingga dapat mendukung anak lebih fokus belajar,” jelas Ahmad.

SOS Squad 2023

Turut memeriahkan kegiatan #BaktiSOSial ini adalah 10 keluarga pemenang kompetisi digital SOS Squad 2023.

SOS Squad merupakan program tahunan SOS yang bertujuan untuk membagikan semangat untuk peduli dan menjaga kebersihan mulai dari lingkungan yang paling kecil, yaitu rumah dan keluarga.

Dengan tema “Rumah Bersih, Keluarga Nyaman”, para peserta SOS Squad 2023 membagikan foto dan video before-after rumah yang telah dibersihkan dan dirapikan bersama keluarga di media sosial, menggunakan berbagai pilihan produk SOS yang tersedia di pasar, antara lain produk pembersih lantai, sabun cuci tangan, sabun mandi, hand sanitizer, disinfectant, sabun pencuci piring dan tisu basah.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *